Sabtu, 30 Juni 2012

MS WORD 2007



http://www.3dnews.ru/documents/12893/logo.jpgTips penggunaan Menu dan Fungsi pada Ms-Office 2007

Sebagian pengguna PC desktop ataupun notebook di Bank Indonesia, ada yang sudah menggunakan MS-Office 2007.
Terlihat jelas perbedaan penggunaan menu yang biasa digunakan pada MS-Office 93 – 2003 dengan MS-Office 2007. Berikut ini tips penggunaan beberapa menu dan fungsi dimaksud, khususnya pada MS-Word 2007.
   
 MS-Office 2007

Menu Office Button
Di mana fungsi New Document, Open File, Save, Save As,  Print, dll ?
Biasanya pada MS-Word 2003, cukup klik menu File, kemudian akan tampil fungsi dimaksud.
Namun pada Ms-Word 2007, menu yang diklik adalah Office Button (Gb. 1 dan Gb. 2.).
Letak menu  Office Button ada di pojok kiri atas MS-Word 2007.


Gb. 1. Office Button
 
 









Gb. 2. Keterangan  Office Button
 
 













Gb. 3. Fungsi yang ada di dalam menu Office Button
 
Setelah klik menu Office Button maka akan tampil fungsi dimaksud, seperti gambar di bawah ini.












Fungsi Save
File disimpan dalam bentuk DOCX (ekstention MS-Word 2007).


Fungsi Save As
Pada fungsi Save As, ada beberapa pilihan seperti terlihat pada Gb. 4. Misalnya, fungsi yang tersedia memungkinkan file MS-Word disimpan dalam bentuk DOC (ekstention MS-Word 97 – 2003) sehingga pengguna MS-Word 97 – 2003 dapat membaca file tersebut.

Gb. 4. Fungsi Save As
 
 













Fungsi Print
Di dalam fungsi Print, terdapat pilihan Print, Quick Print dan Print Preview.


Gb. 5. Fungsi Print
 
 






Menu Home
Gb. 6. Menu Home
 
 




Pada menu Home, seperti terlihat pada Gb. 6, terdapat beberapa pengaturan yang umum digunakan dalam pekerjaan, misalnya sbb :

Pengaturan Clipboard
Pada pengaturan Clipboard, terdapat fungsi Paste dan Paste Special.
Gb. 7. Pengaturan Clipboard
 






Pengaturan Huruf (Font)
Pada pengaturan Huruf (Font), terdapat pengaturan tipe dan ukuran huruf;format huruf (Bold - tebal, Italic - miring dan Underlinegaris bawah); Subscript (misalnya : A2, A3) dan Superscript (misalnya : A2, A3); pewarnaan huruf (misalnya : pelangi); penandaan tulisan (misalnya : strikethrough); penandaan huruf dengan warna (misalnya : rahasia !);pengaturan komposisi besar/kecil huruf dengan Grow Font atau Shrink Font (misalnya : Pengumuman Pengaturan).
Gb. 8. Pengaturan Huruf (Font)

 
 



Pengaturan Paragraf (Paragraph)
Pada pengaturan Paragraf (Paragraph), terdapat pengaturan letak kalimat dengan menggunakan fungsi : Align Text Left (rata kanan), Center (rata tengah), Align Text Right (rata kiri) dan Justify (rata penyesuaian); Line Spacing (Spasi baris); Shading (untuk memberikan pewarnaan pada background), Borders (misalnya : daftar menu); Short (pengurutan huruf atau angka); dll.
Gb. 9. Pengaturan Paragraf (Paragraph)


 
 



Pengaturan Mode (Styles)
Pengaturan ini berfungsi agar tampilan penulisan sesuai dengan kebutuhan (misalnya kebutuhan untuk laporan atau presentasi). Pada Change Styles ada beberapa pilihan (Gb. 11. Change Styles – Style Set).
Gb. 10. Pengaturan Mode (Styles)

 
Gb. 11. Pengaturan Change Styles – Style Set

 
 












Pengaturan Koreksi (Editing)
Dalam pengaturan Koreksi (Editing), terdapat fungsi Find, Replace dan Select.
Fungsi Find biasanya digunakan untuk mencari kalimat yang diperlukan.
Fungsi Replace biasanya digunakan untuk menggantikan kalimat tertentu perlu diganti dengan kalimat pengganti dalam jumlah tidak sedikit.
Fungsi Select biasanya digunakan untuk memilih semua penulisan, objek tertentu dan penulisan dengan format yang mirip.


Gb. 12. Pengaturan Koreksi (Editing)

 
 


Menu Insert
Gb. 13. Menu Insert

 
 



Pada menu Insert, seperti terlihat pada Gb. 13, terdapat beberapa pengaturan penyisipan, misalnya sbb :

Penyisipan Halaman (Pages)
Ada tiga penyisipan yang dapat digunakan yaitu penyisipan Halaman Depan (Cover Pages), Halaman Kosong (Blank Page) dan Page Break.
Gb. 14. Penyisipan Halaman (Pages)

 
 



Penyisipan Tabel (Table)
Untuk menyisipkan tabel pada penulisan, cukup dengan memilih berapa kolom dan baris yang dikehendaki pada kotak kosong seperti terlihat pada Gb. 15, maka tabel yang dikehendaki otomatis akan tampil pada layar halaman penulisan. Atau untuk lebih lengkapnya ada pada fungsi Insert Table, dll.
Gb. 15. Penyisipan Tabel (Table)

 
 


Penyisipan Ilustrasi (Illustrations)

Gb. 16. Penyisipan Ilustrasi (Illustrations)

 
 



Ada lima penyisipan ilustrasi, yaitu Picture, Clip Art, Shapes, SmartArt dan Chart (Gb. 16).
Penyisipan Picture, dapat diambil dari file gambar yang tersimpan di dalam harddisk ataupun flashdisk.
Penyisipan ClipArt, dapat diambil secara online (file dicari dengan bantuan koneksi internet), cukup dengan mengetikkan keyword pada Search For kemudian klik Go. Atau clipart  yang sudah ada di dalam harddisk, cukup klik Organize Clips.
Penyisipan potongan bentuk (Shapes), ada beberapa pilihan, terlihat pada Gb. 17.
Gb. 17. Penyisipan Shapes

 
 



Penyisipan SmartArt, fungsi baru yang tersedia di MS-Word 2007.
Terdapat beberapa pilihan SmartArt, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini.





Gb. 18. SmartArt - List

 
Gb. 19. SmartArt - Process

 
 







Gb. 20. SmartArt - Cycle

 
Gb. 21. SmartArt - Hierarchy

 
 











Gb. 22. SmartArt – Relationship

 
Gb. 23. SmartArt – Matrix

 
 










Gb. 22. SmartArt – Pyramid

 
 














Penyisipan Grafik (Chart)
Terdapat beberapa pilihan Grafik (Chart) yaitu Column, Line, Pie, Bar, Area, XY (Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble, Radar. Seperti terlihat pada Gb. 23.
Gb. 23. Penyisipan Grafik (Chart)

 
 



Penyisipan Links
Penyisipan Links biasanya digunakan untuk menyisipkan suatu link terhadap kalimat tertentu yang akan menuju ke kalimat lain atau terkoneksi ke internet, tergantung dengan keperluan penulisan.

Penyisipan Header & Footer
Penyisipan Header & Footer biasanya digunakan untuk menyisipkan format penulisan pada awal atau akhir  di setiap halaman dengan kalimat yang sama atau juga untuk penyisipan penomoran halaman (Page Number).

Penyisipan Text
Terdapat beberapa pilihan penyisipan Text, yaitu Text Box, Quick Parts, Word Art, Drop Cap, Signature Lines, Date & Time, Object.













Penyisipan Symbols
Ada dua pilihan dalam penyisipan symbols, yaitu Equation (yang biasa digunakan dalam penulisan perumusan) dan Symbol.
Perumusan Equation
Gb. 24. Penyisipan Equation

 
 



Equation selengkapnya terdiri dari Tools, Symbols dan Structures. Digunakan sesuai dengan keperluan penulisan.






Gb. 25. Penyisipan Equation secara lengkap

 
 











Symbol
Ada dua cara dalam memilih symbol, seperti yang terlihat pada Gb. 26. Setelah symbol yang diperlukan dipilih, cukup klik Insert, maka symbol dimaksud akan tampil halaman penulisan.
Gb. 26. Penyisipan Symbol

 













Menu Page Layout
Pada menu Page Layout ada beberapa fungsi yaitu Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph dan Arrange.
Gb. 27. Menu Page Layout

 
 


Fungsi Themes, untuk pengaturan tema penulisan.

Fungsi Page Setup, untuk pengaturan ukuran kertas (misalnya A4, Letter atau Folio); orientasi kertas (ada dua pilihan yaitu Landscape atau portrait); dll.

Fungsi  Page Background.
Ada tiga pilihan pengaturan Page Background, yaitu Watermark, Page Color dan Page Borders.
Watermark untuk memberikan tanda pada background penulisan, misalnya ada kalimat “Do Not Copy” atau “Confidential”, seperti terlihat pada Gb. 28. Apabila Watermark sudah tidak diperlukan, maka klik Watermark kemudian klik Remove Watermark.



Gb. 28. Contoh penggunaan Watermark

 
 





Page Color untuk memberikan warna pada background halaman penulisan, seperti terlihat pada Gb. 29.






Gb. 29. Contoh penggunaan Page Color

 
 





Page Borders untuk memberikan garis batas pada halaman penulisan, seperti terlihat pada Gb. 30.















Gb. 30. Contoh penggunaan Page Borders

 
 




Fungsi Paragraph, untuk mengatur letak penulisan dari sisi kiri-kanan dan atas-bawah halaman penulisan serta pengaturan spasi antar baris





Menu References
Menu References digunakan apabila dalam penulisan ada mengambil kutipan dari beberapa referensi misalnya dari buku, yang biasanya terdapat keterangan Judul Buku, Pengarang Buku, Tahun Penerbitan Buku, Kalimat dalam halaman berapa yang dikutip, dll.
Gb. 31. Menu References

 
 




Menu Mailings
Menu Mailings berfungsi misalnya untuk pembuatan penamaan pada amplop atau label (Mailings – Create), pembuatan Mail Merge (Start Mail Merge), dll.
Gb. 32. Menu Mailings

 
 



Menu Review
Menu Review berfungsi misalnya untuk pengecekan Spelling Grammar, pemberian Comment pada halaman penulisan, dll.
Gb. 33. Menu Review

 
 




Menu View
Menu View untuk membantu pengecekan secara keseluruhan atau draft penulisan apakah sudah sesuai seperti yang di-ingin-kan dengan bantuan fungsi menu Document Views; Format pengaturan dengan bantuan Show/Hide (ada pilihan Ruler, Gridlines, Document map, Thumbnails, dan Message Bar); pembesaran atau pengecilan dengan fungsi menu Zoom; Pengaturan penampilan secara Window dengan bantuan menu Window (Arrange All, untuk menampilkan seluruh dokumen Ms-Word yang sedang aktif dalam satu layar, agar tampilan kembali normal maka cukup klik Maximize) atau (Split, memotong layar penulisan yang sedang aktif kemudian di bawah layar tersebut akan tampil layar seluruh penulisan dari judul penulisan yang sama, biasanya berguna untuk pengecekan supaya tidak bolak-balik mencari-cari penulisan yang hendak dibandingkan). Ada juga menu Macros apabila penulisan menggunakannya.

Gb. 34. Menu View

 
 



Di mana pengaturan gambar (Picture Tools) ?
Untuk pengaturan gambar (Picture Tools), biasanya memerlukan fungsi Crop (memotong bagian yang tidak diperlukan) dan Text Wrapping (letak posisi gambar, apakah di atas tulisan, mengikuti tulisan, di belakang tulisan, dll). Pengaturan gambar akan tampil pada menu kanan atas setelah mouse di-klik pada gambar yang akan diatur. Seperti terlihat pada Gb. 35.

Gb. 35. Menu Picture Tools

 
 


Di mana Customize Toolbar ?
Kemudian di manakah pengaturan Undo Typing (mengulangi format penulisan yang sebelumnya) dan Repeat Typing (menuju ke format penulisan yang sesudahnya) ? Juga Save (simpan file) secara praktis ?
Cukup klik menu pojok kiri atas, persis di samping kanan Office Button, terdapat Customize Quick Access Toolbar.
Gb. 36. Menu Customize Toolbar

 
 



Bagaimana cara praktis klik fungsi-fungsi penulisan yang sering digunakan ?
Dalam penulisan seringkali menggunakan fungsi Bold, Italic atau Underline pada penulisan, cara praktisnya adalah blok kalimat yang hendak ditambahkan formatnya kemudian secara otomatis akan tampil window yang terdapat fungsi-fungsi yang diperlukan, seperti contoh pada Gb. 37.
Gb. 37. Memudahkan klik format penulisan yang sering digunakan

 
 



Demikian Tips penggunaan Menu dan Fungsi pada Ms-Office 2007, khususnya MS-WORD 2007.
/. ARIK MEIYANTO
Ngawi, 05-05-1981
Gambar panduan, hasil print screen by my self.
Gambar Logo Office di samping judul, take from http://www.3dnews.ru/documents/12893/logo.jpg
161345_100002062748802_6482914_n.jpg





Penutup
Semoga saja penulisan ini walaupun sederhana dapat mendatangkan manfaat bagi yang memerlukannya.


Referensi

Referensi gambar Office 2007 adalah diambil dari http://www.3dnews.ru/documents/12893/logo.jpg

Sedangkan gambar yang ada pada panduan tersebut adalah hasil print screen penulis dari percobaan by penulis.


Biografi Penulis

Arik Meiyanto. Menyelesaikan SMK di Sekolah SMKN  MADIUN) Mesin Indistri otomotif. Untuk jenjang pada tahun 2000 – 2001.
 www.akidbimbel.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar